Hai Sobat Paving, Ketemu lagi nih sama kami hehe, Sahabat Paving sering gak sih nemuin jalan berkelok?? Seperti ini.

Sumber

Nah, sering nemuin kan ya.. secara istilah simpang susun adalah.

"Simpang susun adalah persimpangan tidak sebidang di mana dapat dilakukan perpindahan dari satu kaki persimpangan ke kaki lainnya melalui akses yang terhubung tidak sebidang, seperti di Cawang interchange Jakarta. Merupakan persimpangan yang biasanya diterapkan pada jalan bebas hambatan di mana konflik silang dihindari."
Nah tau gak Sobat Griya Paving kenapa jalan dibuat berkelok? Padahal bayangan kita dibangun menikung untuk menghindari kondisi seperti gunung dll. Tapi ada 1 hal penting lo yang mendasari pembangunan jalan yang berkelok. Mau tau? Yuk simak.

Studi dari luar negeri menyatakan bahwa jalan yang dibuat lurus saja akan meningkatkan resiko kecelakaan hingga 2 kali lipat, Wow!! Mengerikan bukan. Ada yang tau Kenapa??.
Pertama nih Sobat Griya Paving, pada saat pengendara mengendarai mobil/motor dengan kecepatan stabil dan tidak berubah dikarenakan kondisi jalan yang lurus itu akan menyebabkan rasa jenuh, bosan bahkan mengantuk karena berkurangnya aktifitas seperti mengerem dan memutar kemudi. Bahkan respon pengendara menjadi lambat saat terjadi sesuatu dikarenakan menurunnya konsentrasi.

Sumber

Nah Sobat Griya Paving, jika mata kita terus terus an melihat benda pada jarak yang jauh secara lama hal ini mengakibatkan otak kita akan memvisualisasikan apapun menjadi jauh seperti  mobil yang berada di depan kita seolah olah dalam jarak yang jauh padahal sudah ada di depan mobil yang kita kendarai.

Sumber


Baca Juga :


Terakhir Nih Sobat Griya Paving, jalan yang cenderung lurus akan mengakibatkan kecenderungan pengendara untuk memacu kecepatan mobilnya dengan pengendara lain hal ini tentu saja menimbulkan resiko bahaya untuk pengendara lain dan pengendara yang kebut kebutan itu sendiri.

Nah jalan dibuat ada tikungan untuk meningkatkan fokus, membatasi kecepatan, dan mengurangi resiko kecelakaan kepada para pengendara yang melewati jalan tersebut.

Hal ini dibuktikan pada salah satu jalan Tol paling lurus di Indonesia yaitu Tol Cipali, Tol yang memiliki panjang 116 km tol ini lurus dan tidak mempunyai banyak tikungan.

Sumber

Hal ini menyebabkan dalam 1 bulan diresmikan sudah terjadi 56 Kasus kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali. Menurut penyelidikan polisi kecelakaan terjadi karena "Human Error" seperti mengantuk dan hilangnya konsentrasi. Bentuknya lurus dan tidak banyak kelokan yang membuat pengemudi mengantuk.

Nah, itu dia mengapa jalan dibuat berkelok, Share ya biar yang lain tau.